Header Ads

Rumah Panggung peninggalan Zaman Belanda di Jalan Tembakau Deli...



Rumah Panggung peninggalan Zaman Belanda di Jalan Tembakau Deli Komplek PTP Nusantara II Batang Kuis.
.
Lapangan depan rumah ini kalo sore banyak anak2 batangkuis bersantai sambil main bola, kadang juga ada yang latihan nari ataupun baris berbaris.
.
Andai aja bisa dijadikan fasilitas ruang terbuka hijau untuk berkumpul warga, kawasan ini bakalan keren menurut admin.
.
Suka kali lihat hijau rumput di halamannya 😘 sambil menikmati indahnya matahari terbenam di balik rumah tua ini 😊
.
Ayo rumah siapa ini? Kabarnya masih dihuni, kemarin sempat komenan di ig sama yang tinggal disini, cuma lupa instagramnya apa 🤔 .
.
Dikutip dari analisadaily, Karakter khas rumah Belanda ini, memiliki 8 pilar di beranda bagian depan dan belakang, atap limas yang diterakan menjadi ciri rumah tropis untuk memudahkan jatuhnya curahan hujan ke bawah. Bahkan sisi ujung atap seolah menjadi serambi menge­lilingi bangunan untuk mengantisipasi hujan dan sinar matahari. Begitu juga pada ‘nok acroterie’ (hia­san puncak atap), dominasi cat putih, serta ven­tilasi  dan jendela yang lebar.
.
Bermodalkan material bangunan pilihan, rumah Belanda jauh lebih kuat secara ketahanan, bahkan hingga berusia lebih 100-an tahun.
.
Semoga bangunan2 tua di Batangkuis bisa dilestarikan, sayang baget kan kalo tinggal hanya photo dan cerita seperti di tembung yang kebanyakan bangunan tuanya hampir lenyap di telan bangunan baru 😫 .
.
Setau admin di Deliserdang sendiri belum ada perda yang melindungi bangunan2 tua seperti di Kota Medan, sehingga kadang tanpa sadar bangunan2 tua nan bersejarah peninggalan belanda perlahan lenyap.
.
#TauKoTembung #BatangKuis #Deliserdang #Perkebunan #TembakauDeli #PTPN2 #SumateraUtara #Melayu #MelayuDeli #MedanHeritage #BadanWarisanSumatera #TauKoTembungUpdate
(di Bakaran Batu, Batang Kuis, Deli Serdang)



from TauKoTembung.com
Powered by Blogger.