Header Ads

Pernah ketemu komunitas ini di lapangan merdeka Medan?...



Pernah ketemu komunitas ini di lapangan merdeka Medan? .
.
Ngelihat orang2 cantik dan tampan yang sibuk memungut sampah dan membersihkan seputaran lapangan merdeka? .
.
Mereka adalah Medan Osoji Club, komunitas penggiat kebersihan.
.
Komunitas ini berasal dari jepang, bahkan di medan sendiri beberapa penggeraknya adalah orang jepang asli yang bekerja di medan.
.
Admin sendiri pernah kemarin ngewawancarin orang jepangnya langsung (walaupun pake bantuan penerjemah) mengenai medan osoji club ini kalo budaya bersih di jepang itu sangat tinggi, berbeda dengan disini.
.
Kalian bisa ngelihat orang2 jepang di sekitaran lapangan merdeka memakai sarung tangan, membawa penjepit dan membawa pelastik sampah mereka berkeliling mengumpulin sampah.
.
Lalu kalian yang sehabis berolahraga dan jajan disini, tanpa merasa bedosa membuang sampah sembarangan apa gak malu? .
.
Komunitas ini juga mengajak serta mengedukasi masyarakat dan anak2 sekitar untuk mengutip sampah yang berserak di lapangan merdeka, ntar kalo udah selesai di kasih permen sama mereka sebagai upahnya, gak banyak se permennya tapi anak2 ataupun masyarakat yang bantu ikut ngumpulin sampah sangat senang karena bisa berpartisipasi membersihkan sampah yang beserakan.
.
Ya mereka bukan pemerintah, mereka bukan dinas kebersihan, pastinya juga gak bisa semaksimal pihak terkait dalam membersihkan sampah, tapi komunitas ini mengajarkan budaya MALU BUANG SAMPAH SBARANGAN! .
.
Yok berhenti buang sampah sembarangan, kalo gak ada kantung sampah ya kantongi dulu, ntar buang di tempat sampah di rumah kalian 👍
.
#TauKoTembung #OsojiClub #MedanOsojiClub #TauKoTembungUpdate (di Lapangan Merdeka Medan)



from TauKoTembung.com
Powered by Blogger.