Header Ads

WOW!! Kota Medan itu merupakan ibu kota Kabupaten Deli Serdang,...



WOW!! Kota Medan itu merupakan ibu kota Kabupaten Deli Serdang, ditandai dengan adanya Kantor Bupati Deliserdang yang Letaknya di Jalan Brigjen Katamso Medan sebelum akhirnya dipindahkan.
.
Berdasarkan “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1984 tentang pemindahan Ibukota Kabupaten Daerah Tingkat II Deli Serdang dari Wilayah Tingkat II Medan ke Kota Lubuk Pakam di Wilayah Kabupaten Daerah Tingat II Deli Serdang” sehingga Ibu Kota Kabupaten Deli Serdang dipindahkan 30 Km jauhnya dari Kota Medan ke sebuah daerah di Lintas Timur yang bernama Lubuk Pakam dengan lokasi perkantoran di Tanjung Garbus yang diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara tanggal 23 Desember 1986.
.
Gedung Bupati Kabupaten Deliserdang yang disebut juga Gedung Kerapatan Deliserdang dibangun pada masa kekuasaan Sultan Ma’mun Al Rasyid Alamsyah pada tahun 1906.
.
Posisi tepatnya terletak tepat di depan Istana Maimun.
.
Bangunan ini termasuk bangunan yang dilindungi oleh Peraturan daerah No. 6/1988 tentang pelestarian Bangunan dan lingkungan yang bernilai sejarah Arsitektur kepurbakalaan di Kota Medan.
.
Tapi sekarang udah gak ada lagi karena kebijakan Walikota Medan, Abdillah, di tahun 2004 bangunan bersejarah ini justru dirubuhkan rata dengan tanah 😓 .
.
Sedih gak woi? 😥🤧 Udah rata dengan tanah rupanya kantor Bupati Delisersang yang di Medan.
.
Walaupun udah rata dengan tanah kamu Anak #Medan dan #Deliserdang harus tau sejarah ini yang udah coba @taukotembung kumpulkan dari berbagai sumber.
.
Karena kata Bung Karno “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri”.
.
Yuk mention teman klen biar tau sejarah Medan dan Deliserdang.
.
Jangan lupa Like, Komen dan Share.
.
Photo: Istimewa/Badan Warisan Sumatera.
.
#TauKoTembung #TauKoTembungUpdate #Deliserdang #Medan #SumateraUtara #Deli #MedanHeritage #Melayu #Kualanamu #JaringanXtra #MyXLSumatera (di Medan, Indonesia)



from TauKoTembung.com
Powered by Blogger.