Header Ads

BANGUNAN TUA DI TEMBUNG YANG MASIH BERDIRI MEGAH

BANGUNAN TUA DI TEMBUNG YANG MASIH BERDIRI MEGAH

Yuhhuuu Sob!

Jangan terlalu menyepelekan kawasan Tembung yes.

Kalian kudu baca ini dulu biar nambah wawasan tentang Tembung. Tembung itu kaya akan sejarah dan juga berperan aktif mendukung perkembangan Kota Medan pada masa itu.

Monggo baca dulu ini...

Tahukah Sahabat? #Tembung masih mempunyai bangunan tua peninggalan perkebunan belanda yang berbentuk panggung dan menggunakan kayu jati, bahkan bangunan ini sampai sekarang belum pernah di renovasi sedikitpun...

Menurut ibu Hj. Dahlina (70 Tahun) yang sekarang tinggal di rumah ini kalau dulu sebenarnya di tembung ini banyak bangunan seperti ini, ada juga bangsal atau rumah pondok (masih bisa dilihat di pasar 9 tembung samping lapangan reformasi)...

Bangunan ini merupakan rumah para pejabat pada zaman belanda dulu hingga akhirnya di pakai sebagai rumah dinas PTPN2 dan setelah PTPN2 tidak beraktifitas lagi rumah ini sekarang sudah menjadi Hak Milik Almarhum Suaminya Ibu HJ Dahlina yang dulunya merupakan karyawan PTPN2.

Bangunan ini masih berdiri megah di simpang Pasar 10 Tembung, pernah gak klen lihatnya??

Banyak warga tembu tidak melihat bangunan ini, tapi kalo kalian coba berhenti sejenak di depan pos polisi simpang pasr 10 tembung didepannya kalian akan melihat bangunan ini yang berdiri kokoh di belakang bangunan kios2 jualan dan makanan yang memadati pasar 10 tembung.

dulunya bangunan  ini terlihat jelas karena letaknya yang benar2 di sudut pasar 10 tembung, tapi menurut penuturan ibu hj dahlina sebagian halaman depan rumah ini dijadikan ama suaminya kios kios kecil untuk disewakan.

ibi hj dahlina berharap juga ada yang mau membantu melestarikan bangunan ini, ntah di cat hingga lebih menarik lagi karena dia sendiri tidak ingin merubah atau menghancurkan bangunan yang bersejarah ini. kalo di bilang udah hampir sedikit bangunan panggung seperti ini di sekitar medan yang masih berdiri kokoh.
Powered by Blogger.