Header Ads

SELAMAT TAHUN BARU ISLAM, 1 MUHARRAM 1437 H

Photo Masjid Raya Al Mashun taken by Medan Aerial

Semoga Sukses Lancar Aman Barokah buat semuanya di tahun baru ini… Aamiin Yaa Rabbal 'aalamiin.

Photo Masjid Raya Al Mashun taken by Medan Aerial

Hari ini 14 Oktober 2015 umat muslim di seluruh dunia merayakan yang namanyan Tahun Baru Islam atau tahun abru berdasarkan kalender hijriyah diman masuk ke tahun 1437 H. Untuk menyambut tahun baru islam ini unmat muslim banyak mengadakan acara seperti pengajian, doa bersama, ceramah agama dan bahkan konvoi obor pada malam hari sebelum 1 muharram berkeliling kota dengan berjalan kaki. banyak juga umat muslim menjadikan moment ini sebagai evaluasi bagi diri mereka sendiri dalam pencapaian akhirat mereka untuk hijrah ke kepribadian yang lebih baik lagi dengan melakukan muhasabah, perenungan diri atas apa yang sudah dilakukan dan merencanakan apa yang akan di lakukan di tahun depan unutk meningkatkan iman dan taqwa kepada Alloh SWT.

Sebenarnya apa sih 1 muharram itu? apakah hanya tahun baru islam saja? ternyata ada sejarah dibalik peringatan 1 muharram ini.

Sejarah Tahun Baru Islam / Tahun Baru Hijriyah

Hijriah artinya pindah, nah tahun baru islam atau tahun baru hijriyah ini di hitung sejak hijrahnya atau pindahnya nabi Muhamamd SAW dari Mekah ke Madinah sehingga di sebut dengan Tahun Hijriyah, Tahun Hijriyah sendiri perhitungannya berdasarkan revolusi bulan, berbeda dengan tahun masehi yang berdasarkan revolusi matahri.

Sedangkan sekarang momen Tahun Baru Islam di jadikan sebagai peringatan untuk hijrah, puindah atau berubah menjadi lebih baik lagi dari segi spritual dan intelektual serta meningkatkan ketaqwaan kepada Alloh SWT. Secara singkatnya Tahun Baru Hujriyah di harapakan membuat umat muslim bisa hijrah ke kehidupan yang lebih baik lagi dari tahun tahun sebelumnya.

Alloh SWT Berfrman dalam surat Al Hasyr ayat 18
”Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan”


Powered by Blogger.