Header Ads

CARA GANTI PIN ATM MANDIRI DARI 4 DIGIT MENJADI 6 DIGIT

Bank Mandiri Letda Sujono: Cara Merubahan PIN ATM dari 4 digit menjadi 6 digit
Bank Mandiri Letda Sujono
Cara Ganti PIN ATM Mandiri 4 Digit ke 6 Digit - Selama ini Bank Mandiri menggunakan 4 digit angka sebagai PIN ATM-nya, tetapi sejak 18 Agustus 2015 Bank Mandiri kini telah melakukan implementasi perubahan / pergantian PIN ATM Mandiri dari 4 digit menjadi 6 digit. Sehingga Nasabah Bank Mandiri diharuskan mengganti PIN ATM Mandiri menjadi 6 Digit

Sebelumnya nasabah Bank Mandiri ketika memasukkan 4 Digit PIN ATM Bank Mandiri akan langsung masuk ke Menu Utama ATM, tapi beberapa hari ini hal itu tidak berlaku lagi, setelah kita memasukkan 4 Digit PIN ATM kita harus juga menekan enter untuk masuk ke menu utama.

Sepengatahuan admin, kebanyakan Bank di Indonesia sudah menggunakan 6 Digit sejak lama, hanya ATM Mandiri yang masih menggunakan 4 Digit. Sedangkan informasi yang admin dapatkan melalui surat edaran perihal Regulasi Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu yang di keluarkan oleh Bank Indonesia (BI) tentang pengamanan kartu ATM dan Debet untuk penggunaan PIN wajib menggunakan 6 digit dan menggunakan tekhnologi chip pada 1 Januari 2016 mendatang. Didalamnya tertulis “BI memberi masa transisi sampai 31 Desember 2015, penggunaan kartu debit harus menggunakan chip dan pin 6 digit,”.

Baca juga: Implementasi Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia.

Nah untuk perubahan kartu ATM dari penggunaan kartu pita magnetic ke chip sampai saat ini admin belum mendapatkan informasi lebih lanjut dari Bank Mandiri, hanya mendapatkan pemberitahuan untuk mengubah PIN dari 4 digit ke 6 digit. Padahal penggunaan pita magnetic pada kartu debet ini beresiko terjadinya penduplikatan kartu, dan sepengatuhan admin juga masih banyak perbankan di Indonesia yang masih menggunakan kartu dengan Pita Magnetic, berbeda dengan di luar negeri baik kartu debet ataupun kartu kredit sudah menggunakan chip. Mungkin bagi kalian yang punya kartu kredit bisa lihat bagian pita magnetic dan chip masih terdapat pada satu kartu malahan. seharusnya pita magnetik ini ditiadakan demi keamanan agar tidak bisa di gandakan. diharapakan dengan menggunakan metode chip tentunya tidak ada lagi kasus pembobolan ATM.

Bank Mandiri  mulai tgl 18 Agustus 2015 telah melakukan implementasi perubahan PIN ATM Mandiri dari 4 digit menjadi 6 digit. Jadi buat kalian yang masih pake ATM Mandiri menggunakan PIN 4 angka, perubahan PIN ATM dapat dilakukan melalui mesin ATM dan melalui cabang Bank Mandiri terdekat paling lambat tanggal 31 Oktober 2015, segera rubah secepatnya PIN ATM kalian ke 6 angka ya…

Bagaimana Cara Ganti PIN ATM Mandiri Dari 4 Digit Ke 6 Digit 

Untuk perubahan di mesin ATM dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Masukkan Kartu ATM Mandiri anda seperti biasanya
  2. Ketika di minta untuk memasukkan PIN 6 digit, masukkan PIN Lama anda yang masih 4 digit lalu tekan enter untuk masuk ke menu utama.
  3. Masuk ke menu Transaksi Lain
  4. Pilih Menu Ubah PIN masukkan PIN Lama (4 digit). Jika pada layar diminta 6 digit maka setelah memasukkan 4 digit PIN Lama silahkan tekan enter
  5. Kemudian buat PIN Baru (6 digit)
  6. Diulangi kembali PIN Baru (6 digit)
  7. Perubahan PIN Selesai (Harap perhatikan transaksi anda sudah berhasil atau belum)
Untuk perubahan PIN ATM di cabang, agar membawa data" lengkap (buku tabungan, ATM dan KTP). Demikian semoga bermanfaat

Untuk Poin 7 Kejadian ini sempat admin alamin pada tanggal 18 Agustus malam ketika melakukan penarikan di ATM Mandiri yang terletak Di SPBU Choco Jalan Prof HM Yamin (Serdang). Setelah memasukkan 4 digit sempat bingung kenapa tidak bisa masuk ke menu utama, ternyata setelah memasuk 4 Digit PIN ATM Mandiri lama harus menekan enter atau lanjut, ok masalah teratasi tetapi ketika penarikan tunai tidak bisa melakukan transaksi dan meminta memasukkan PIN kembali, sebelumnya sempat dapat Broadcast di BBM tentang perubahan PIN ATM ke 6 Digit ini dan akhirnya admin mencoba untuk merubah PIN lama ke PIN Baru, setelah merubah ke 6 Digit dan masuk kembali ke ATM menggunakan PIN Baru 6 Digit ternyata di tolak seginggan ATM Bank Mandiri di blokir :'( (waduh padahal udah gak ada duit lagi buat isi minyak di SPBU, terpaksa lah akhhirnya isi minyak cuma 20ribu) usut punya usut ternyata saat transaksi perubahan dari 4 digit ke 6 digit PIN ATM yang admin lakukan tidak berhasil sehingga saat memasukkan ATM berikutnya harusnya masih 4 digit tapi akibat masukkin PIN 6 digit yang admin kira udah berubah akhirnya malahan di blokir, ini jadi pelajaran buat kalian untuk memperhatikan berhasil atau tidaknya transaksi di ATM.

Terpaksa hari ini tanggal 24 Agustus 2015 baru sempat datang ke Bank Mandiri Cabang Letda Sujono yang merupakan salah satu Bank yang terdapat di Jalan Letda Sujono - Medan Tembung untuk buka blokir ATM Mandiri tersebut, ternyata banyak juga yang mengalami hal yang sama dengan admin saat perpindahan ke 6 Digit dari 4 digit PIN ATM. Setelah menceritakan dan diberi pengarahan oleh CS Bank Mandiri mengani perubahan PIN ATM Bank Mandiri tapi CS tidak ada penjelasan mengenai perubahan kartu ATM lama ke Kartu ATM baru yang menggunakan chip. Udahalah situ, setelah di buka blokir ATM nya dengan membawa Buku Tabungan dan KTP langsung ke ruang sebelah kembali memasukkan PIN ATM lama yang 4 digit dan akhirnya berhasil berubah ke 6 digit.

Sebenarnya mau sekalian setor tunai juga di bank mandiri Letda Sujono ini, tetapi setelah melihat antrian yang sangat panjang akhirnya admin memutuskan untuk melakukan Setor Tunai di ATM Bank Mandiri Lapangan Merdeka (Karena di Bank Mandiri letda Sujono belum tersedia ATM Setor Tunai, hanya ada ATM Penarikan saja) setibahnya di bank Mandiri Lapangan Merdeka ada seorang nasabah yang tidak bisa melakukan setor tunai di ATM dan ternyata dia masih menggunakan PIN 4 digit sehingga tidak bisa melakukan transaksi, jadi buat kalian segeralah ganti secepatnya PIN ATM kalian yang 4 Digit itu ke 6 Digit agar bisa bertransaksi melalui ATM Mandiri.

Kenapa mesti ganti PIN ATM kalian ke 6 Digit?

karena demi untuk keamanan dan kelancaran bertransaksi.

Frequently asked question (FAQ) Seperti yang di kutip dari bankmandiri.co.id

Cara Ganti PIN ATM 4 digit menjadi 6 digit

1. Mengapa Bank Mandiri melakukan perubahan PIN dari 4 digit menjadi 6 digit pada Kartu Mandiri Debit/ATM ?

Jawab :
Bank Mandiri melakukan perubahan PIN untuk transaksi kartu mandiri debit / ATM dari 4 digit menjadi 6 digit terhitung mulai tanggal 18 Agustus 2015 karena adanya ketentuan / regulasi dari BI, yaitu Surat Edaran Bank Indonesia No. 13/22/DASP tanggal 18 Oktober 2011 tentang Implementasi Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu ATM dan / atau Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia.

Berkenaan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan sosialisasi untuk implementasi pelaksanaan Pin 4 digit menjadi 6 digit kepada seluruh Pegawai Bank Mandiri dan nasabah Bank Mandiri.

2. Mulai kapan nasabah dapat melakukan penggantian atau perubahan PIN dari 4 digit menjadi 6 digit ?menjadi 6 digit ?

Jawab:
Nasabah dapat melakukan perubahan / penggantian PIN kartu mandiri debit / ATM terhitung mulai tanggal 18 Agustus 2015.

3. Dimana nasabah dapat melakukan perubahan / penggantian PIN kartu Mandiri debit / ATM dari 4 digit menjadi 6 digit?

Jawab :
Nasabah dapat melakukan perubahan / penggantian PIN kartu mandiri debit dari 4 digit menjadi 6 digit melalui mesin Mandiri ATM atau di Cabang Bank Mandiri terdekat.

4. Bagaimana proses perubahan / penggantian PIN kartu mandiri debit / ATM dari 4 digit menjadi 6 digit?

Jawab:
Ada 2 (dua) cara melakukan perubahan atau penggantian PIN kartu Mandiri Debit / ATM dari 4 digit menjadi 6 digit, yaitu :
a. Perubahan / penggantian PIN melalui mesin Mandiri ATM, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Masukkan kartu mandiri debit / ATM Anda dan pilih Bahasa.
  2. Masukkan PIN
  3. Pilih menu Transaksi Lainnya pada layar ATM
  4. Pilih menu Ubah PIN pada layar ATM
  5. Masukkan kembali PIN lama Anda pada layar ATM, lalu tekan ENTER / Tombol Hijau
  6. Masukkan 6 angka PIN baru yang Anda kehendaki
  7. Masukkan kembali 6 angka PIN yang tadi Anda masukkan ke layar ATM
  8. Setelah Ganti PIN selesai, keluar struk dengan keterangan “Ganti PIN Berhasil”. Segera Ambil kartu Anda
b. Perubahan / penggantian PIN melalui Cabang Bank Mandiri
  • Nasabah dapat mengisi formulir aplikasi umum di Customer Service dengan membawa dokumen seperti buku tabungan, kartu Mandiri debit serta kartu identitas yang masih berlaku. Apabila data verifikasi sesuai, nasabah akan melakukan perubahan / penggantian PIN melalui PINPAD di Teller.
  • Customer Service mengarahkan nasabah melakukan perubahan PIN melalui PINPAd di teller.
  • Nasabah diminta memasukkan PIN Baru sebanyak 6 digit.
  • Nasabah memasukkan kembali PIN 6 digit yang tadi dibuat/dimasukkan.
  • Penggantian PIN 6 digit selesai.

5. Jika nasabah telah berhasil melakukan penggantian PIN, apakah nasabah dapat langsung bertransaksi di Jaringan ATM (Bank mandiri, ATM Bersama, LINK, Prima, Visa), Cabang Bank Mandiri dan mesin EDC?

Jawab:
Jika nasabah telah berhasil melakukan penggantian PIN, maka nasabah sudah dapat langsung bertransaksi di Jaringan ATM (Bank mandiri, ATM Bersama, LINK, Prima, Visa), cabang Bank mandiri dan mesin EDC.

6. Apakah jika nasabah belum melakukan perubahan / penggantian PIN kartu mandiri debit / ATM dari 4 digit menjadi 6 digit, nasabah tidak dapat melakukan transaksi menggunakan kartu mandiri debit / ATM nya?

Jawab:
Jika nasabah belum melakukan perubahan PIN dari 4 digit menjadi 6 digit, kartu mandiri debit / ATM nasabah masih dapat dipergunakan melakukan transaksi dengan PIN 4 digit.

7. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut terkait perubahan / penggantian PIN dari 4 digit menjadi 6 digit, kemana nasabah dapat bertanya?

Jawab:
Nasabah dapat menghubungi cabang Bank Mandiri terdekat atau menghubungi mandiri Call 14000 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait perubahan / penggantian PIN kartu Mandiri Debit.

8. Bagaimana bentuk pengumuman mengenai penggantian PIN ke 6 digit ini?

Jawab:
Sosialisasi akan dilakukan dengan menggunakan flyer, poster, pengumuman, surat pemberitahuan dan FAQ ke Cabang serta permintaan informasi melalui Mandiri Call 14000.

Semoga artikel mengenai Cara Ganti PIN ATM Mandiri Dari 4 Digit Menjadi 6 Digit ini bisa bermanfaat bagi kalian yang menggunakan Kartu ATM Bank Mandiri.

#MandiriSaja

Please Share dan Comment..
Indahnya berbagi, lihat tombol share di bawah ini..
Powered by Blogger.